Sejarah Singkat

Pondok Pesantren At-Ta’awun adalah salah satu lembaga pendidikan dari Yayasan Pendidikan dan Dakwah islam (YASPENDAKI) SABILUS SHOLIHIN yang berdiri dan berlokasi di jalan raya pedeng no 117 Kec. Socah Kab Bangkalan, pondok tersebut berada di komplek kediaman pengasuh sekaligus ketua yayasan Drs. KH. Muhammad Mansur SH. Yakni di sebelah utara dan sejajar dengan kediaman beliau. Pondok Pesantren At-Ta’awun ini di bangun di atas tanah seluas + 5000 M2.

Adapun kompleks Pondok Pesantren At-Ta’awun Sabilush Sholihin Pedeng terdiri dari perumahan Kyai, kantor, asrama santri, musholla atau aula, dapur, tempat menjemur, kamar mandi, tempat parkir yang kesemuanya itu berada dalam satu kompleks yang dinamakan Pondok Pesantren At-Ta’awun.

Pondok Pesantren ini dilatar belakangi oleh berdirinya YASPENDAKI SABILUSH SHOLIHIN, yang berdiri atas keinginan pengasuh Drs. KH Muhammad Mansur, SH untuk mengabdi pada Agama, tanah air dan Masyarakat sekitar. Melihat banyaknya keterbatasan ekonomi di desa sekitar akhirnya membuahkan inisiatif untuk membentuk Yayasan yang dapat diakses oleh seluruh kalangan, mulai dari pendidikan, ekonomi, kesehatan, juga seni dan budaya, dengan cita-cita besar. Semua fasilitas tersebut dapat dinikmatai masyarakat dengan Gratis atau Cuma-Cuma.

Agar nantinya, tidak lagi terjadi alasan masyarakat yang tertinggal keilmuannya, kreativitasnya, dan yang terpenting keimannanya. Yang mayoritas terbedakan oleh hal-hal materi.

Untuk mencapai cita-cita pendidikan tersebut Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islam (YASPENDAKI) Sabilush-Sholihin telah memulai perjuangannya dengan mendirikan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) yang bergerak dibidang yang meliputi: Taman Kanak-Kanak Alqur’an (TKA) dan Taman Pendidikan Alqur’an (TPA) yang dirintis Mulai Tahun 1997-1998, Madrasah Diniah Takmiliyah Awwaliah (MDTA) mulai Tahun Ajaran 2000-2001, Madrasah Diniyah Wustho (MDW) mulai Tahun Ajaran 2004-2005, Pondok Pesantren At-Ta’awun (PPA) Tahun 1997, Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai tahun ajaran 2010-2011, Sekolah Menengah Atas (SMA) sejak Tahun ajaran 2014-2015, dan yang terbaru adalah Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Sabilush Sholihin (TK ITASS) pada tahun 2021-2022.

Jika dikalkulasikan maka jumlah total santri baik yang mukim dan tidak mukim adalah 284 orang santri, dengan 15 Kamar asrama putra-putri dengan kapasitas perkamar 9 orang dan di bantu dengan 23 tenaga pendidik. Sementara itu juga tersedia gedung lokal pendidikan sejumlah 9 ruang dengan kapasitas 20 anak yang masih belum layak dan ideal.

Secara khsusus tujuan berdirinya Pondok Pesantren At-Ta’awun adalah sebagai berikut:
1. Mendidik dan membina santri untuk berperilaku dengan akhlakul karimah.
2. Membekali santri dengan ilmu agama (Fiqih Hadits dan lain-lain), karena santri akan terjun dalam masyarakat yang tidak lepas dari masalah-masalah agama dan masalah-masalah sosial.
3. Melatih santri untuk hidup bermasyarakat.
4. Melatih santri untuk menjalankan syari’at agama.

Loading

Back to top button